Belajar jadi guru

Guru Fisika : A kamu sudah ulangan apa saja?

A : kalau Fisika belum, tapi kalau biologi sudah ulangan? Bun, Bun, kalau sama Bunda Miftah ulangannya baru sekali tapi kuisnya banyak banget. terus kalau ngajar lembut banget. tapi aku suka….aku suka….

Guru Fisika :

Guru Biologi : gayaku mengajar emang kayak gini. susah dah buat di rubah-rubah.

******

Guru Asrama : kemarin ada anak yang curhat ke orang tuanya. dia bilang pelajaran biologi ulangan terus (maksudnya kuis). udah gitu gurunya pernah salah jadwal lagi….

Guru Biologi : hhmm…gitu ya. Padahal semakin banyak kuis kan semakin mudah nyicil materi buat UTS.

*******

Guru Biologi : C, bunda terlalu banyak kuis ya? kalian merasa berat?

C : nggak kok bun, justru aku suka… jadi belajarnya enak tiap hari. pas ulangan udah selesai deh tinggal review dikit aja belajarnya.

Guru Biologi : alhamdulillah

*******

Begitulah anak-anak yang belajar Biologi. Maaf ya nak, gurumu baru belajar menjadi “guru” yang baik. Masih nyoba yang ini dan yang itu untuk menemukan format belajar yang efektif dan menyenangkan…..

Allah….bantu hamba untuk berproses menjadi guru sejati, gurunya manusia Allahumma aamiin……..